BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Wednesday, December 12, 2007

pernah kepikiran gak sih?

Kalian udah pada pernah naek ferry gak? atau ke pantai? Have you ever seen something unusual? Tell me what do you see..

Well, now i tel you what i saw.
Aku naek ferr waktu ke bali beberapa minggu yang lalu. Ya, aku ngeliat beberapa kejadian yang gak seharusnya terjadi di zaman sekarang, di saat kita semua udah harus peduli sama lingkungan kita, terutama laut. Ingat, ini bukan karena aku jurusan oseanografi, tapi karena kalo diliat2, semua mengira bisa ngelempar sampah seenaknya di sini.. Tunggu, kayaknya aku udah kelebihan deh ceritanya.. diulang lagi ya..


Naik ferry, nih..Biasalah, dijualin makanan, terutama mie instan gitu. Yang gak aku liat di atas ferry adalah tempat sampah, mungkin kalo di tempat duduknya mah ada, ya(aku salah juga, gak merhatiin) tapi aku gak ngeliat tempat sampah di luar ruangan itu. Otomatis orang ngebuangnya ke............................... Ya, benar sekali!!!! LAUT! Nah, coba kita mikir deh, sebagai seorang yang punya daya pikir dan diberi kelebihan daripada makhluk lainnya.. Yang bisa ngejaga bumi ini kan kita.. Kalo ada kotoran yang dibuang tanpa mikir, padahal kita udah diberi akal pikiran yang sehat, kan nantinya kena ke kita juga. Gini aja deh.. aku jabarin lebih santai dan tenang biar gak sedikit yang ngerti.. biar semua orang yang KURANG atau MALAS mikir, juga bisa ngerti..

Masalah apa yang kita hadapi deket2 ini? *jangan yang berhubungan dengan bencana alam, ya* Sampah...
Nah, kenapa sampah bisa membludak dan sempet gak terkendali? -> Karena TPA nya udah berlebihan sampah yang ada di sananya, sampe longsor, gitu..
Kenapa bisa longsor? -> Karena sampahnya berlebihan sampahnya..
oops, salah pertanyaannya.. Kenapa sampahnya bisa BERLEBIHAN? Dari mana asalnya? Dari hewan yang ngegunain barang2 kita? Nope, it's all because of us..

Sekarang, kalo di laut, sampah yang dibuang ntar gimana? Kasian loh sama makhluk gak bersalah yang mengira sampah yang kita buang ke laut itu dikira makanan..Kalo gak dimakan, kemana ya? Bisa jadi ke pinggiran pulau alias pantai, kan? Sampah yang kita buang berlabuh di pantai..

TAPI KAN KITA TIAP HARI MEMANG MEMAKAI SESUATU DAN PASTI ADA SAMPAH YANG KITA BUANG!!!!!SOLUSINYA GIMANA???!!!
Ya, kurangin aja pemakaian barang2 yang gak bisa di recycle.. kayak tempat mie instan yang kita makan di atas kapal (untuk di atas kapal, sampahnya dipegang dulu, pas udah sampe di darat kan bisa dimasukin tong sampah).. Jangan berlebihan juga makenya.. Satu hal yang aku akui masih belum bisa aku tahan adalah membeli minuman berplastik yang botol plastiknya masih sukak ketinggalan di mana tau, dan pasti dibuang.. hehe, maaf, maaf,, lagi tahap pembenahan diri terhadap smeua hal kecil nih :) dan aku harap kalian juga..

Seperti yang udah sering orang2 pikirkan, kalo dunia udah penuh sampah, kenapa kita gak ngirim ke luar angkasa aja,, kita buang di sana,, atau kita bisa pindah tempat tinggal ke planet lain! Yah, itu bukan solusi..
Kalo kita gak berusaha membenahi diri untuk perhatian ke lingkungan kita, siapa lagi? Benahi diri sendiri dulu ya.. hehe
TAPI GW BELUM BISA BENAHIN DIRI SENDIRI MASA UDAH DISURUH MEMBENAHI LINGKUNGAN?
Dude, yang ada di pikiran loe apaan sih? Lingkungan itu tempat kita hidup.. Kalo kita terus ngurusin diri tanpa perhatian ke lingkungan, gimana kit abisa hidup enak? ya gak sih? Kita pengen kan hidup enak dan merasa Bandung dan tempat2 lainnya menjadi lebih dingin dari sekarang?

GLOBAL WARMING IS HERE, AND IT'S REAL.. Whatever You do, always think about the environment,, cause without it, we can't enjoy life as before..
:)

1 comments:

Anonymous said...

yahh...tara udah bikin...gw ntaran aja deh kalo gitu...hehehe

IYA GW JUGA SEBEL BANGET SAMA ORANG YANG BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!!

HAREEE GENEEEEHH???